Surat Edaran Pakai AI Terbit Awal Desember 2023

featured image


Jakarta

Wakil Menteri Komunikasi dan PeriklananWakil Menteri Komunikasi dan Publisitas) Nezar PatriaDia mengeluarkan surat edaran tentang penggunaan teknologi Kecerdasan buatan (Kecerdasan buatan / AI) akan diterbitkan pada awal Desember 2023.

Surat edaran ini memuat pedoman etika AI yang diharapkan dapat menjadi pedoman bagi organisasi dan perusahaan dalam menggunakan teknologi baru ini di Indonesia.

“Kami sudah mengeluarkan surat edaran pada awal Desember, jadi Indonesia punya peraturan yang harus dinantikan A.I. “Ini penting, kita sudah punya UU ITE, UU PDP, lalu kita punya surat edaran yang diharapkan cukup, setidaknya untuk memperkirakan regulasi utama AI,” kata Nezer, perwakilan media Kementerian. Komunikasi dan Informasi. Acara Rapat, Jakarta, Jumat (24/11/2023).

iklan

Gulir untuk melanjutkan konten.

Nezar menjelaskan alasan pemerintah Indonesia lebih mengutamakan peraturan AI dalam bentuk surat edaran dibandingkan peraturan menteri dan peraturan lainnya.

“Ini merupakan langkah awal. Dalam SE ini regulasinya akan bertambah seiring dengan perkembangan selanjutnya, bagaimana penerapan AI di Indonesia. Dan, AI tidak hanya terkait dengan Indonesia, tapi bersifat global, lintas negara, jadi kita harus bekerja sama untuk mengendalikan AI,” ujarnya.

dalam Lingkaran Kecerdasan Buatan Berisi tentang definisi kecerdasan buatan serta nilai-nilai umum, pedoman etika, dan pedoman kegiatan konsultasi, analisis, dan pemrograman yang menggunakan kecerdasan buatan.

“Semua sektor lebih transparan, sensitif, demokratis, ini diatur dalam surat edaran,” kata Wamenkominfo.

dengan publikasi Lingkaran Kecerdasan Buatan, Info Kominfo Pertemuan ini mempertemukan para pemangku kepentingan dan pengguna AI untuk meminta masukan dan menyempurnakan rancangan tersebut.

“Ini proses panjang yang sudah berlangsung hampir satu tahun. Minggu depan kita akan bertemu dengan pemangku kepentingan dan pihak lain terkait surat edaran ini,” tutupnya.

Menonton video”Kekhawatiran Sekjen PBB terhadap penyalahgunaan AI
[Gambas:Video 20detik]

(Agustus/fyk)

Source link


Posted

in

by

Tags: